Assalamu'alaikum, salam sejahtera bagi kita semua...

SELAMAT DATAAAANG ...
Selamat menikmati blog sederhanaku ..

-Luph U All-

Jumat, 13 Juli 2012

Waspadai Flu dan Sinusitis: Kisah Nyata dari Penderita Sinusitis

Pilek ini menyiksaku, sungguh!
Rasa-rasanya aku sudah bolak-balik rumah sakit sampe tiga kali. Bahkan, opname! Karena apa? ya, karena umbelen. Pilek. Flu. Aigooo.. sinusitis.
Pernah mendengar penyakit sinusitis? bila belum tahu, silakan klik di sini.

Dokter pernah bilang, pantanganku sebagai penderita sinusitis adalah jangan sampai pilek. Karena hidungku bengkok, maka kalau pilek, takutnya cairan akan mudah naik ke dahi. Dokter bilang, aku punya alergi. Alergi yang dimaksud adalah dikit-dikit hatsyiiim.. dikit-dikit srooooot....
Nah, untuk mengatasi alergiku itu, aku sendiri lah yang bisa menentukannya. Aku harus memperhatikan diri sendiri, kira-kira karena apa aku bisa pilek.

Namun, secara garis besar dan pada umumnya, dokter bilang:
- aku harus menghindari minum air dingin, (bisa bayangin gak sih, kalo buka puasa, minuman dingin tuh paling menggoda)
- jangan sampe nangis, (robot kali ya aku ini? sampe-sampe gak boleh nangis)
- kedinginan, dsb.

Selain itu, sangat disarankan untuk menghirup uap panas dan makan yang pedes-pedes.
Memang banyak artikel yang menyebutkan kalau penderita sinusitis akan lebih baik jika makan makanan yang pedas. Tapi, bukankan makan makanan yang pedas itu bikin irung gampang mbeler? Nah, lho?

Ternyata eh ternyata, mbelernya kan bukan karena pilek penyakit, tapi malah akan memperlancar pengeluaran kotoran dalam hidung. Atau gimana lah, kurang lebih seperti itu. Haha...

Kupikir, semua orang pasti pernah mengalami flu. Yah, intinya, biar gak sampe sinusitis. Kalo flu, jangan dibiarin begitu saja. Diberi obat, oke? kalo lebih dari 3 hari gak sembuh-sembuh, ke dokter yak?

Sekedar berbagi aja, kenapa aku bisa kena sinusitis:

Pertama, karena udah dari sononya hidungku bengkok ke kanan, jadi lubang hidungku sisi kanan itu sempit. Konon, dulu waktu aku bayi, setelah mandi, ibuku selalu menggosok-gosok hidungku lembut sekali dengan handuk. Mungkin karena saking gemesnya kali ya? gosokan itu makin kenceng terus bikin hidungku bengkok, aiya iya iyaaa :D

Kedua, aku orang yang ngerasa jijik dan risih kalo ada cairan di lubang hidungku. Maka, aku selalu memaksa keluar cairan dalam hidungku itu kencang-kencang. Hingga hidungku memerah dan bahkan berdarah (tapi bukan mimisan, lho!). Itu terlalu berbahaya untuk hidung. Saran dokter sih, kalau pilek, lebih baik ditelan. Jangan ditarik ke atas atau dikeluarkan secara paksa. Kalaupun mau dikeluarkan, tutup lubang sebelah secara bergantia, jangan mengeluarkan dalam keadaan lubang hidung terbuka semua. Tapi kalau memang mau ditelan, di lambung gak bermasalah, tapi kemungkinan besar ngefeknya ke tenggorokan, huhuiii...

Ketiga, kalo aku terserang flu, aku nggak pernah mengobatinya. Kenapa? karena aku gak doyan obat dan males banget kalo harus minum obat. Aku seringkali mendiamkan fluku lamaaaaaa bersarang, karena aku selalu berpikir bahwa fluku akan segera berakhir dengan cukup istirahat, tanpa minum obat sekali pun.

Gejala awalnya sih aku pusing buangett. Sampe-sampe dulu aku beginjalan kayak orang kesurupan, teriak-teriak sambil nangis, dan bikin panik orang-orang sekitar. Itu dulu waktu SMP kelas 3. Check di rumah sakit, katanya kemungkinan ada tumor di kepala. Pas nanya harga ronsen kepala, 7 juta kalo gak salah. Yo wis pulang aja lah, tuh dokter lebay banget. AKhirnya ke tempat pak kyai. hehe..
Kata pak kyai, kepalaku aman-aman saja. Bahkan, malah ditebak kalo aku lagi banyak pikiran. Mikirin ujian nasional dan pengen kerja alias berpenghasilan mandiri, haha..

Naik jenjang ke kelas 3 SMA. Kambuh lagi. Pas upacara bendera hari senin. Aku diboyong sama anak-anak PMR. Kasihan banget mereka itu, aku kan berat banget. Aku digeletakkin di bawah pohon, sambil sesenggukan nangis, aku nggak teriak-teriak kayak dulu lagi, soale udah tambah gede sih, punya malu, hihi... waktu itu aku dibisikin sama temenku,"Jangan nangis, ntar tambah sakit. Jangan terlalu dipikir atau dirasain. Istigfar.."
Dari kata-katanya itulah aku mulai mencoba nggak ngrasain tuh sakit, berusaha cuek, tapi ya apa mo dikata? sakit banget, huhu..

Waktu diboyong ke UKS, sebelum dapet kasur, aku digletakin di lantai. Gak hati-hati. Aku langsung ngedumel sama mereka dan mereka minta maaf, hihi aku bener-bener inget waktu itu. Pas udah dapet kasur, aku dikasih obat (aku lupa apa obatnya), pokoknya aku bisa tidur, bangun-bangun udah agak mendingan, pusingnya mulai reda, gak sedahsyat yang tadi. Pas jam istirahat aku ditengokin temenku, dibeliin makan, disuapin pula, hihi... 

Yah seputar itulah, hingga akhirnya aku opname yang pertama. Di opnameku yang pertama. Kalau pas gak kambuh, ya aku sehat-sehat aja, ditensi juga normal. Tapi kalo pas kambuh, bagian kepala ke atas down. Aku bener-bener ngerasain pusing yang dahsyat, cenut-cenut, mungkin ekspresiku pas kesakitan mirip sun go kong pas dibacain mantra sama biksu tong, hiyaaa...

Opname pertamaku itu ditanggapi sinis sama dokter, katanya aku sehat-sehat aja, ngapain opname? wah resek! Sampe akhirnya aku langsung minta pulang hari itu juga! Tapi belum boleh pulang, karena ternyata si dokter ngasih saran untuk foto ronsen saja. Usai foto, ketahuan deh, aku mengidap sinusitis. Huhuuuu... Ada tawaran operasi, tapi aku gak mau. Ibu juga takut kalo operasi di kepala itu menakutkan. Pulang deh!

Samapi akhirnya setelah tes SM UNY, aku merasa sering kambuh tuh pusing, akhirnya diputuskan untuk operasi. Operasi sukses! Hari pertama pulang ke rumah aku langsung ke warnet, alhasil.. balik-balik ke rumah aku ngerasa pusing lagi. Balik opname lagi deh. Haha.. dari kejadian itu, aku memang harus istirahat total.

Hingga sekarang... kadang masih kumat sih, he..
apalagi pileknya.. sebulan bisa sekali pilek berat alias meriang. Merindukan kasih sayang, aigooo.. serius serius serius! :D
Bulan kemarin di tanggal belasan aku flu berat, sekarang pun juga. Aigooo..
Aku alergi dan sampai saat ini belum tahu alergi apa.
Oke cukup sekian, semoga pengalamanku ini bermanfaat untukmu..
Waspadai pilek, sinusitis, jaga kesehatan, ok!!!!

2 komentar:

  1. Terimakasih sudah berbagi informasi seputar sinusitis, artikel yang disampaikan sangat bermanfaat dan menambah wawasan bagi saya.

    obat sinusitis

    BalasHapus