Assalamu'alaikum, salam sejahtera bagi kita semua...

SELAMAT DATAAAANG ...
Selamat menikmati blog sederhanaku ..

-Luph U All-

Kamis, 25 Agustus 2011

“Intelektual”

Kata itu membuatku ngeh. Entahlah aku tak mampu mengutarakan lebih jelasnya apa itu ngeh.
Menulis. Bikin tulisan yang bisa dibaca. Rasa-rasanya itu keren. Apalagi kalo tulisannya dinilai bermutu (aku serig nulis tapi ngerasa tulisanku gak mutu).

“TULIS SEKARANG!!” inilah modal keberanianku untuk bikin tulisan. Yang terbesit, tulis dan tulis, untuk hasil??gak tau deh yang penting nulis, haha ..

Pada intinya, masih ada hasrat dalam diriku untuk menjadi seorang penulis. Dan kabar baiknya, sampai sekarang aku masih menyandang sebagai seorang penulis, emm..  penulis status Facebook (gubrak!!)

Jujur .. aku pengen bikin tulisan yang bermutu, bukan untuk dapat pujian, melainkan .. aku ingin menunjukkan bahwa tulisanku berkualitas dan aku layak disebut penulis berbakat, haha ..

Astagfirullah .. ini nafsu kah??? (hiks!!)

Nah lho? Tulisanku sampai sini .. lalu apa hubungannya dengan “intelektual” ??

Huhu .. pada intinya .. intelektual itu bikin aku ngeh . Dan seorang penulis yang bisa bikin tulisan berkualitas, menurutku dia punya jiwa-jiwa intelektual, haha ..

Search mbah google dulu deh, apa itu intelektual, daripada aku salah penafsiran, sok-sok’an meng-klaim orang yang layak disebut “punya jiwa intelek”

Ini dia ..

Menurut George A. Theodorson dan Archiles G, intelektual adalah masyarakat yang mengabdikan diri kepada pengembangan gagasan orisinil dan terlibat dalam usaha intelektual kreatif.

--nah lho?! di dalam pengertian ada kata “intelektual” terselip, huh .. pengertian itu tambah bikin bingung, intelektual itu apa? Eeh .. malah disuguhi “intelektual kreatif”—
 next ..
Menurut Shils-sosiolog Barat yang terkenal, intelektual adalah orang yang terpilih dalam masyarakat yang sering menggunakan simbol-simbol bersifat umum dan rujukan abstrak tentang manusia dan masyarakat.

--Pengertia ini “ih wow!!” .. sudah jadi orang terpilih, menggunakan simbol-simbol bersifat umum (aku demen nih sama simbol-simbol-ada makna dibaliknya yang pasti penuh tanda tanya dan pandangan yang berbeda-bikin otak kudu mau mikir untuk memahami suatu simbol-hasyaaah). Rujukan abstrak .. idih .. penuh misteri .. bikin penasaran .. demen deh, hihi ..

Next ..

Cara meningkatkan kemampuan intelektual:
-Rajin membaca (tuh kan .. intelektual itu pasti kaya ilmu (kaya ilmu itu bikin ngeh) karena rajin baca-tergantung bacaannya juga sih)
-Mengikuti diskusi (nah lho, orang intelektual pasti jago ngomong, berani mengungkapkan sesuatu yang ingin diungkapkan dengan “berani” Itu keren !!)
-Meneliti (widih .. kritis ini .. kritis lho !! huhu ..)
-Menuliskan kembali (kurang kerjaan banget ya? tapi aku yakin ini untuk lebih mempertegas pemahaman diri, yeah !!)
-Membuka internet (wah .. mo bikin internet laku nih – tapi liat-liat dulu, ngenet buka web apaan tuh?)
-Ikut seminar (ikut seminar biasanya harus bayar pendaftaran.Hmm .. ini berarti orang intelektual pasti “berduit”, eits gak juga denk, seminar gratisan juga ada, ato bahkan oang intelektual dapat undangan gratis untuk menghadiri seminar?yahuuud ..)
-Ikut kajian (nih .. gali ilmu buka ilmu nih ..)
-Korespondensi (apa ini?haduh ..)

Next ..

Program kemampam intelektual yang sudah dilaksanakan adalah :
-Mencari informasi dan menambah pengetahuan dengan membuka internet (Searching .. searching ..)
-Menjalankan sunnah yang diajarkan Rasulullah (wow keren .. orang intelektual mengikuti (menjalankan sunah) manusia yang paling berpengaruh di dunia J)
-Berfikir positif serta meningkatkan kepercayaan diri sendiri (good ..)
-Mampu mengolah dan mengeluarkan kata-kata yang efektif dan komunikatif (sip!)
-Mengikuti diskusi, seminar, dan acara-acara sosial lainnya (gali ilmu, tiada henti menuntut ilmu)
-Lebih khusyu' dan fokus ketika beribadah dan mengerjakan apapun (fokus, itu modal yang super sekali)

*sumber : http://octaaf21.blogspot.com/2009/01/tugas-uas-character-building_07.html

Ada yang mau menambahkan ilmu padaku tentang intelektual??

Aku sedang tergila-gila dengan “INTELEKTUAL” nih .. entah kenapa, aku sendiri tidak mengerti apa maksud hati ..

Hufh .. dapet satu tulisan GeJe .. no problem, yang penting bikin tulisan (nekat).
Dan aku ingin mulai belajar bikin tulisan orisinil, gak asal jiplak sana jiplak sini (semangat!)

Dalam pembelajaran kepenulisan ini, aku berharap tulisan ini dapet “respon” . Entah itu kritik atau saran. Aku bener-bener pengen bisa bikin tulisan yang bermutu. Ooorgh -.-“

Begini dulu deh, tunggu tulisanku berikutnya, hehe .. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar