Assalamu'alaikum, salam sejahtera bagi kita semua...

SELAMAT DATAAAANG ...
Selamat menikmati blog sederhanaku ..

-Luph U All-

Selasa, 07 Juni 2011

Langkah Awal Menulis

Salam Cinta Menulis dari Ade,
            Nama blog “Cinta Menulis”, dengan jargon “menulis, menulis, dan menulis”. Secara formalitas, semestinya blog ini harus ada tips untuk bisa rajin menulis, hm hm ..
            Baiklah, aku akan mencoba mengupas tuntas apa saja yang semestinya kita lakukan agar rajin menulis. Bismillah ..
1.      Pertama, niat dulu yuuk !
     Niat adalah awalan dari setiap perbuatan, hehe .. Yuuk mari kita niatkan bahwa kita akan menulis, menulis, dan menulis..




2.    Jika sudah diyakini oleh hati, sekarang.. diucapkan oleh lisan.. Ayo ucapkan, katakan pada hatimu bahwa “Aku akan menulis”..
3.     Jika sudah diyakini oleh hati dan dibenarkan oleh lisan, sekarang saatnya kita berbuat.. SEKARANG!!! Ayo nulis !! tulis !! tulis apa saja yang sedang tersirat dipikiranmu, tak perlu mempedulikan seberapa bagus tulisanmu, mutu atau tidak, sesuai EYD kah, tak perlu minder, yang penting kita udah bikin satu tulisan. Entah seperti apa hasilnya, karena telah jelas, kita menulis (Jangan terhenti!)..
4.    Baca ulang tulisan kita, aku yakin, pasti ingin untuk memperbaiki tulisan itu kan? Hmm .. perbaiki saja, tak perlu ragu, karena perbaikan itu perlu. Perbaiki tulisan itu semampu kita, setidaknya sampai hati kita memantapkan diri bahwa “Tulisanku layak baca” ..
5.     Jika hatimu belum begitu mantap dengan hasil tulisanmu sendiri, hmm .. itulah proses, jangan menyerah, selalu menulis, menulis, dan menulislah .. “witing iso jalaran soko kulino” (bisa karena terbiasa). Aku yakin, semakin kita membiasakan diri menulis bebas, mengalirkan kata sesuai kemauan pemikiran kita, kita pasti bisa membuat sebuah tulisan. Masalah mutu atau tidak, yang terpenting menulis, menulis, dan menulis..

            Itulah menulis bebas, ungkapkan semua, ekspresikan karya lewat tulisan, dan rasakan kehebatan atas gejolak jiwa kepenulisan kita ..


            Lakukan saja hal tersebut berulang kali, jika telah terbiasa, kita juga perlu mempelajari berbagai macam teks yang memiliki ragam perbedaan, tujuan, dan fungsinya. Kemudian .. latihan, latihan, dan latihan menulis, menulis, dan menulis..
            Aku tunggu karyamu, sobat !!! (buat sobat yang ingin berbagi cerita tentang proses kreatif menulis, silakan hubungi aku lewat email (cintamenulis@ymail.com) ya?atau mau berbagi tulisan?monggo..aku sambut dengan senang hati)

            Oya satu hal .. aku menulis seperti ini bukan berarti aku jago bikin tulisan lho. Aku juga sedang dalam proses belajar menulis, dan membiasakan diri dengan menulis. Semoga tulisan ini bermanfaat, amiin ..
 *Proses kreatif : Pagi hari di kost, ditemani lagu-lagu pop Indonesia, sembari menuangkan aliran kata yang tersimpan dalam pikiran, kemudian membaca ulang, merevisi, susun ulang, dan jadilah sebuah tulisan.. (semoga keterbiasaan seperti ini akan mengantarkan kita pada jiwa kepenulisan yang barokah, amiin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar